4.3.10

Menikmati Pho di Sudut Ho Chi Minh City

Pada awal Maret 2010 lalu saya menghadiri salah satu pertemuan ASEAN di Ho Chi Minh City (HCMC). Di sela-sela pertemuan, saya berkesempatan mencoba masakan khas Vietnam yang disebut Pho yaitu sup mi yang dihidangkan dengan irisan daging (pho bo) atau ayam (pho ga).

Dari sekian banyak restoran di HCMC yang menghindangkan Pho, salah satu yang terkenal adalah Restoran Pho 2000 yang terletak di pusat kota. Letak restoran ini sangat strategis di pusat keramaian dan di depan Ben Thanh Market (pasar terbesar di HCMC). Dengan letaknyan yang strategis dan rasa sup mienya yang khas, tidak mengherankan jika restoran ini menjadi pilihan banyak orang, termasu Presiden AS Bill Clinton ketika berkunjung ke Viet Nam pada tahun 2000.


Dalam kunjungannya ke HCMC, Bill Clinton menyempatkan diri untuk mencicipi Pho. Kesempatan ini tentu saja dimanfaatkan dengan baik oleh si pemiliki restoran dan karyawannya untuk berfoto bersama. Kini foto-foto kunjungan Bill Clinton dipajang di dinding restoran dan untuk mengenang kunjungan Clinton tersebut, maka restoran ini pun dilengkapi namanya menjadi Restaurant Pho 2000 – Pho for President.

Seperti halnya sup mie pada umumnya, Pho disajikan hangat dalam mangkuk dengan mie khusus yang terbuat dari tepung beras dilengkapi irisan tipis daging atau ayam, toge, dan daun vermicelli. Rasanya mantab dan kesegaran kuahnya menjadikan badan terasa hangat. Jika kurang pedas, kita pun masih bisa menambahkannya dengan bubuk cabe kering atau irisan cabe merah.

No comments: