25.9.07

Belgium for Sale

Kalau anda memiliki duit sebesar 10 juta euro (sekitar 14 juta dollar Amerika), kira-kira apa yang akan anda beli atau lakukan?

Sebagian dari anda mungkin akan berpikiran untuk membeli rumah dan mobil mewah, sisanya ditabung. Sebagian lagi mungkin berpikiran untuk menggunakannya untuk ongkos plesiran keliling dunia atau pergi haji bersama seluruh keluarga besar. Bagi anda yang masih lajang mungkin akan berpikiran untuk segera menikah dan menikmati bulan madu di Bali atau Hawaii. Sementara untuk yang sudah beristri, tidak tertutup kemungkinan untuk beristri lagi dan tidak mau kalah dengan yang muda untuk berbulan madu ke tempat yang sepi dan romantis. Ya dengan duit sebesar 10 juta euro banyak hal yang bisa dilakukan, termasuk membeli negara. Membeli negara?

Iya anda benar, membeli suatu negara. Seperti diberitakan kantor berita AP, baru-baru ini toko online di jaringan internet eBay memuat lelang penawaran spesial negara Belgia. Negara berbentuk kerajaan ini ditawarkan di halaman eBay dalam kategori pilihan produk mewah. Selain negara yang ditawarkan, diberikan pula bonus berupa raja dan ratu Belgia. Penawaran ini dilakukan oleh Gerrit Six, seorang warga negara Belgia yang berprofesi sebagai guru dan mantan jurnalis. Ia membuka harga penawaran awal sebesar 1 euro.

Penawaran ini tentu saja menarik banyak peminat pengunjung gerai eBay yang segera saja melakukan penawaran. Sampai saat terakhir, sebelum ditutup oleh pengelola eBay, penawaran tertinggi telah mencapai harga 10 juta euro. Penjualan dihentikan oleh pengelola eBay karena penjualan tersebut dipandang sebagai khayal alias tak nyata.

Heboh penjualan negara Belgia di internet ini sesungguhnya tidak terlepas dari krisis politik berkepanjangan pasca Pemilu Federal tanggal 10 Juni 2007 lalu. Mewakili sebagian masyarakat Belgia yang kesal karena tidak kunjung tercapainya penyelesaian politik, Gerrit Six membuat humor satir ini di internet. Ia berharap bahwa negaranya masih bernilai sebagai suatu masterpiece yang harus dijaga bersama masyarakat Belgia.

Humor satir semacam ini sesungguhnya bukan pertama kalinya di Belgia. Sekitar bulan Mei 2007 atau sebulan sebelum Pemilu Federal, salah satu stasiun televisi di Brussel menyiarkan “berita” mengenai mengungsinya anggota kerajaan setelah Belgia terpecah menjadi dua negara yaitu negara Flanders (untuk penduduk berbahasa Belanda) dan Wallonia (untuk penduduk berbahasa Perancis). Saking seriusnya pembuatan lelucon tersebut, banyak warga masyarakat yang mengira sebagai kejadian sesungguhnya. Masyarakat baru menyadari bahwa “berita” tersebut hanya lelucon setelah pihak televisi dituntut untuk menyampaikan penjelasan pada keesokan harinya.

Halah, rupanya cuma lelucon saja untuk membangkitkan perhatian masyarakat mengenai krisis politik yang tengah berlangsung di Belgia. Padahal tadinya saya sudah berancang-ancang melakukan penawaran seandainya saja pada akhir minggu ini saya ketiban pulung mendapat undian lotere euro million yang berhadiah 130 juta euro.

Hayo apakah anda juga berminat untuk melakukan penawaran serupa?

No comments: