10.5.09

Ayo Dukung Taman Nasional Komodo

Selamat berhari Minggu untuk semuanya. Semoga di hari Minggu ini anda tidak dihadapkan pada kejenuhan akan berita para elit politik yang sedang sibuk mengatur posisi di puncak kekuasaan. Nah kalau anda ternyata merasa agak jenuh dengan berita politik, mungkin sudah saatnya anda perlu mengalihkan perhatian ke masalah lain yang berbeda.

Anda bisa saja mengikuti dan membuat berbagai quiz di facebook, mencatat resep masakan dan mempraktikannya atau mengunduh lagu di internet. Tapi kalau saya boleh menyarankan, luangkan lah waktu anda sejenak untuk memberikan dukungan kepada Taman Nasional Komodo, yang terletak di perbatasan NTB dan NTT, agar menjadi salah satu 7 Keajaiban Alam Baru di dunia (New 7 Wonder of Nature).

Mungkin dari anda ada yang bertanya-tanya apa sich untungnya kalau Taman Nasional Komodo terpilih sebagai salah satu 7 Keajaiban Alam Baru? Siapa pula yang mengadakan pemilihan dan penetapan suatu lokasi atau kawasan ke dalam Keajaiban Alam Baru dan bagaimana tahapannya? Terus kenapa sampeyan (penulis) repot-repot kasih woro-woro untuk mendukung TN Komodo, memangnya sampeyan dibayar berapa? Nach kalau pada akhirnya ada pembaca yang mau memberikan dukungan, bagaimana caranya?

Sabar … sabar, saya akan coba jawab satu persatu. Untuk pertanyaan pertama, jika Taman Nasional Komodo terpilih sebagai salah satu 7 Keajaiban Alam Dunia, barang tentu keuntungannya akan diperoleh industri pariwisata Indonesia, karena wisatawan mancanegara diyakini akan banyak berkunjung ke tempat tersebut. Sementara untuk dapat terpilih, suatu lokasi atau kawasan harus dapat mengumpulkan suara sebanyak mungkin dari para pengguna internet di seluruh dunia yang mengunjungi situs New7wonder Foundation.

Proses voting akan berlangsung sampai tanggal 7 Juli 2009. Setelah itu sebanyak 77 terbesar akan dibahas oleh para ahli yang tergabung dalam Panel 7 Keajaiban Alam Baru pimpinan mantan Dirje UNESCO, Prof. Federico Mayir. Panel inilah yang nantinya akan memilih 21 finalis yang akan diumumkan pada tanggal 21 Juli 2009. Selanjutnya hingga pengumuman pemenang di tahun 2011, ke-21 finalis ini akan terus bersaing mendapatkan suara terbanya.

Nah mengenai kenapa saya ikutan woro-woro disini, tidak lain tidak bukan adalah untuk ikuit membantu keinginan masyarakat dan pemerintah (Departemen Kebudayaan dan Pariwisata) untuk menjadikan Taman Nasional Komodo sebagai kebanggaan industru pariwisata Indonesia dan bukti keberhasilan pelestarian alam di negeri yang kita cintai. Untuk mencapai hal ini, Depbudpar melakukan sosialisasi ke berbagai tempat, seperti mall dan sekolah-sekolah, agar masyarakat Indonesia pengguna internet dapat berpartisipasi dalam proses voting dan memilih Taman Nasional Komodo. Sebagai informasi, posisi Taman Nasional Komodo pada saat ini (9 Mei 2009) berada pada urutan ke-9 pada kategori “E: Forest, National Park, Natural Reserves).

Langkah pro-aktif Depbudpar memang patut diapresiasi karena memperlihatkan adanya respon positif dari pemerintah untuk tidak mengulangi kegagalan dalam pemilihan tahun 2007 dimana Candi Borobudur kalah populer. Sehingga jangankan masuk 21 besar, dalam tahapan 77 besar pun Candi Borobudur tidak tercantum sebagai bangunan wisata yang dikenal masyarakat. Ironisnya, Candi Borobudur malah kalah dari Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur yang bahkan termasuk sebagai finalis 21 besar.

Baiklah sekarang anda sudah paham mengenai alasan harus mendukung Taman Nasional Komodo, lalu bagaimana caranya? Berdasarkan brosur yang dicetak Depbudbar bekerjasama dengan National Geographic, teknik voting dapat dilakukan sebagai berikut:

- Tulis alamat email anda pada kotak di alamat berikut NOMINASI
- Pada combo box “vote 1” pilihlan continent “Asia” kemudian candidate “Komodo National Park (INDONESIA)”.
- Pada combo box “Vote 2” hingga “Vote 7” pilihlah Continent dari Candidate yang memiliki rangking paling rendah (untuk melihat rangking klik:DISINI)
- Salin kode Anti Spam pada text box yang tersedia. Kemudian klik SUBMIT
- Setelah submit, isi biodata anda kemudian SUMBIT
- Setelah mendapat ucapan “Thank you for participating” segera cek email anda. Klik link yang diberikan sebagai tanda konfirmasi.

Tulisan saya lainnya yang terkait dengan hal di atas:
- Tujuan Keajaiban Dunia Wisata
- Keajaiban Dunia Wisata Indonesia


No comments: