14.3.08

Tertidur

Yang namanya ngantuk, apalagi kalau masuk kategori ngantuk berat, bisa jadi akan membuat kita mudah tertidur. Karena mengantuk pula seseorang bisa tertidur saat rapat, menghadiri kuliah, mendengarkan kutbah ataupun saat berada di emperan. Kantuk pun tidak membedakan apakah seseorang itu pejabat, mahasiswa, ibu rumah tangga ataupun seorang tuna wisma.

Tapi kalau anda seorang pejabat, berhati-hatilah untuk memilih saat tertidur. Salah-salah bisa menjadi sasaran fotografer atau orang iseng yang ingin mengabadikan momen anda tertidur, seperti pada foto anggota DPR yang tertidur saat bersidang. Sebagai anggota parlemen yang terhormat dan tentu saja sebagai pejabat publik, tertidur saat sidang tentu saja memalukan. Wong digaji mahal-mahal untuk membahas berbagai kepentingan masyarakat, lho kok malah tertidur. Sepertinya tidak ada hal-hal yang mesti diperjuangkan.

Tidak berbeda dengan anggota DPR yang terabadikan saat bersidang, Menlu Ceko Karel Schwarzenberg pun tertangkap kamera saat tertidur ketika menghadiri pemilihan presiden dan debat yang berkepanjangan. Serunya lagi, foto Menlu Schwarzenberg tertidur justru dijadikan iklan minuman berenergi Kamikaze.


Tentu saja kemudian muncul perdebatan mengenai pemuatan foto tersebut. Dewan Standar Periklanan berpandangan bahwa pemuatan foto pejabat publik untuk iklan komersial telah melanggar kode etik. Karenanya meminta agar bilbor yang memuat iklan tersebut diturunkan. Anehnya Menlu Schwazenberg sendiri justru tidak berkeberatan dengan iklan tersebut, bahkan mengakui bahwa dirinya memang tertidur saat itu. ”Biarkan masyarakat terhibur” begitu komentarnya.

Menurut anda, bolehkah atau etiskah seorang pejabat publik tertidur saat menjalankan tugas? Lalu bolehkah atau etiskah pejabat publik tampil dalam iklan komersial?

8 comments:

amethys said...

"tidur" itu kan anugerah dari Allah yg harus dinikmati, disyukuri....hihihi

jajal klo ndak bisa tidoor seminggu dooor..apa ndak malah pegel linu..meriang komplit????

ha ha ha.......nabi aja boleh koq tertidur, palagi "cuma" wakil rakyat....ato perdana mentri

aroengbinang said...

yang pasti itu menlu punya selera humor yang tinggi, jujur dan tidak asal jaim, he...he....

kadang bukan salah si anggota kalau terkantuk-kantuk, lantaran kerja politisi itu seringnya lobby2, ngopi2 sampai menjelang pagi membangun basis cantelan dan bisnis... yg ngantuk karena gak nyambung kali banyak juga ya...

venus said...

lha meeting, ya pasti ngantuk lah. coba kalo kopdar, pasti cengengesan terus, malah bisa lupa pulang. dijamin. :D

kucingkeren said...

cerita klasik ya mas... tidur saat tugas. AKu sih kpikiran gmn klo polisi lalulintas yg sedang tugas patroli ketiduran lg nyetir... gubrakkk deh.. kalu dilihat scr lucu2 an seru jg lht mrk tidur, ternyata ya politis jg sama aja sm tk cendol yg ketiduran nungguin dagangannya..hehe...

Pejabat jd bintang iklan?? mumpung ey...klo udh lengser..sapa ym mo mlirik bo?? hehe

nita said...

bill clinton juga lucu waktu ketiduran di acara peringatannya martin luther king:D

elyswelt said...

namanya juga manusia :D .. kalau sampai dijadikan iklan itu sih keterlaluan namanya !
makasih ya dah mampir

ika said...

mungkin dia dirumah gak bisa tidur bro soalnya dibentak2 bininya,,jadi deh ketiduran saat bertugas,,heheheh

niafirman said...

tidur yah mas ???
huaaahhhhhhh nguantuk juga jadinya