15.5.07

Cara Mudah Ekspor Produk ke UE

Anda punya keinginan untuk mengekspor barang-barang yang anda produksi ke pasaran Uni Eropa (UE), namun tidak memiliki informasi yang terkait antara lain dengan data perdagangan, pasar, ataupun hal-hal praktis lainnya dalam perdagangan? Jangan khawatir, kesulitan anda setidaknya akan dapat teratasi dengan hanya mengklik situs EXPORT HELPDESK. Dalam situs yang disiapkan oleh Direktorat jenderal Perdagangan Komisi Eropa (KE) ini anda dapat menemukan informasi yang dibutuhkan untuk memasuki pasar di negara anggota UE.

Dalam situsnya ini, KE menyiapkan informasi yang terkait antara lain dengan persyaratan dan perpajakan, tarif impor, dokumen kepabeanan, ketentuan asal barang (rules of origin), statistik perdagangan, pasar di negara UE dan link yang terkait dengan perdagangan.

Secara umum situs ini sangat membantu para eksportir dari negara berkembang untuk memasukkan produknya ke pasar UE. Namun meski tampaknya telah dibuat mudah, termasuk dengan penyediaan user guide, tapi bagi eksportir pemula tentu saja akan tetap merasa kesulitan. Sebagai contoh adalah perlunya memasukan kode produk sesuai ketentuan harmonized system dalam pengisian formulir di situs ini. Belum lagi akses yang lambat karena banyaknya data yang diupload.

Untuk itu, dalam upaya meningkatkan kapasitas para eksportir negara berkembang, alangkah baiknya jika KE juga mengadakan pelatihan bagi para eksportir. Hal tersebut dapat dilakukan melalui kerjasama antar negara dan memasukkan dalam program bantuan UE seperti yang tercakup dalam National Indicative Programme yang disusun KE. Dan untuk mengupayakan program pelatihan tersebut, peran pemerintah di setiap negara berkembang, termasuk KADIN, tentunya sangat diharapkan guna menyakinkan KE untuk dapat merencanakan dan menganggarkan kegiatannya.

4 comments:

Alex Ramses said...

Wah selalu ada info penting mengenai eropa dan uni eropa di blog anda. Sebenarnya anda kerja di mana pak? Penliti? penulis? diplomat?

Lama gak ngeblog saya, baru balik ngurusin blog lagi. salam sejahtera selalu.

Aris said...

Tks. mudah-mudahan informasi yang disampaikan di blog ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Salam sejahtera selalu juga mas Alex.

rodent tuber said...

muantap tenan tutor nya.. mas klo bisa di indonesiakan ya.. maklum blum siap dengan freetrading asia eropa, tapi puengiin banget eksport produk tetangga ane..
keep posting like this.. useful inforMATION..

Latief said...

pak, mohon masukannya
karena saat ini membutuhkan cara untuk dapat mengekspor produk saya yaitu "bawang merah"
namun ini hanya sekedar tugas dari dosen saya untuk EKT
mohon sekiranya dapat memberikan solusi
terimakasih banyak,,,
singgalatif@gmai.com