29.6.11

Markijung

Sebagai seorang blogger, senang rasanya jika tulisan kita di blog dikunjungi dan dibaca banyak orang. Kesenangan akan bertambah ketika pembaca blog kita ternyata juga meninggalkan jejak berupa komentar atau tanggapan terhadap apa yang kita tulis.

Banyak cara agar blog kita dikunjungi banyak pembaca, mulai dari cara promosi tradisional dengan meminta teman-teman berkunjung, mengunjungi blog lain dan meningalkan jejak di TKP (dengan harapan ada kunjungan balik), ikut komunitas dan milisnya (untuk menambah teman dan menginformasikan postingan-postingan terbaru), hingga menggunakan teknik optimasi blog lewat SEO.

Semua cara di atas sah-sah saja. Manusiawi jika apa yang dipostingkan ingin diketahui banyak orang. Kalau tidak ingin diketahui, ya nulis saja di buku diary alias offline.

Nach yang jadi masalah adalah ketika semua cara di atas sudah diketahui dan dipraktekkan namun kunjungan di blog kita masih sedikit dan komentar sepi, apa yang mesti dilakukan?

Jawaban saya sederhana, lanjutkan langkah-langkah di atas. Anda sudah dijalan yang benar. Yang dibutuhkan sekarang adalah konsistensi untuk ngeblog yang antara lain ditunjukkan dengan adanya postingan anyar secara periodik dan kegiatan saling kunjung.

Hilangkan penyakit blogger yang enggan memperbarui postingan dan lebih memilih aktif di sosial media, malas berkunjung ke blog lain (blogwalking), dan enggan bertemu dengan blogger lain (offline). Saya percaya tidak ada jalan pintas untuk membangun blog.

Dalam hal update blog, saya bukan yang termasuk rajin buat postingan setiap hari di sebuah blog (saya punya beberapa blog yang aktif alias poliblogami). Tapi sejauh ini saya usahakan setidaknya ada 1 buah postingan di setiap blog. Hal ini tentu saja bukan hal yang mudah karena masing-masing blog saya punya karakter yang berbeda-beda dan (katanya) cenderung serius.

Kalau soal update postingan saya bisa konsisten menulis, tidak demikian halnya dengan blogwalking dan penggunaan SEO.

Saya mengunjungi suatu blog jika blog tersebut sudah saya kenal atau menerima informasi tentang suatu postingan dari milis, twitter atau facebook. Meski berkunjung, belum tentu saya berkomentar untuk meninggalkan jejak. Saya paling males kalau berkomentar cuma sekedar nulis "pertamax, keduax, hebat, bagus, menarik dan sebagainya".

Oke lalu apa hubungannya dengan judul postingan ini? Markijung, apaaan tuch?

Baiklah, setelah berputar-putar kasih pendahuluan (padahal biar postingan ini panjang :) ), sebenarnya melalui tulisan ini saya ingin mengajak teman-teman menjalin tali silahturahmi dengan saling mengunjungi blog teman-teman kita. Tentu saja kalau blog teman kita ada isinya dan sering diperbarui. Dengan saling berkunjung, bukan hanya trafik blog kita yang ramai, trafik blog teman kita juga akan ikutan ramai. Kalau trafik meningkat, kegiatan ngeblog pun bisa bergairah. Blog bisa dilirik pemasang iklan.

Jadi MArilah KIta saling berkunJUNG (Markijung) agar blog kita semua ramai dan bergairah. Untuk itu jangan lupa yuk kita rapihkan dan rawat blog kita sebelum tamu-tamu datang.

Siyap, Jadi blog siapa nich yang akan kita kunjungi? Blog anda?


NB: ngeblog di atas bis, mohon maaf kalau ada salah-salah ketik.


dikirim lewat BlackBerry® oleh pemilik blog http://arisheruutomo.com

4 comments:

Fajar said...

siaap... bang aris.. mari jalan-jalan ke blog temen..temen.. pa kabar..bang.. kapan ke jogja lagi neh..

first gamut said...

saya suka BW ^^
salah satunyake sini.postingan pak AHU selalu oke.
Markijung ;)

Aris Heru Utomo said...

@Fajar, saya akan ke Yogya tgl 8-10 Juli 2011. Ikutan ya di acara di Yogya tgl 9.

@First Gamut, tks mbak, saya juga mulia rajin BW lagi nich

Amril TG said...

Posting yang inspiratif mas Aris. Yuk mari kita saling berkunjung :)