12.6.11

Kue Jaman Dulu


Salah satu enaknya menjadi anak-anak adalah tidak perlu terlalu pusing soal duit. Dikasih duit oleh orang tua, ya seneng, bisa buat jajan. Tidak dikasih, ya paling manyun gak bisa jajan.

Nah ngomongin soal jajanan masa kanak-kanak, saya teringat dengan kue koya. Kue yang dibuat dari tepung beras dan berisi kacang ijo. Rasanya kesat dan baunya khas, serta tentu saja enak dikunyah.

Saya tidak ingat lagi berapa harganya saat itu. Yang saya ingat kue tersebut dapat dijumpai di pedagang yang mangkal di depan sekolah. Menurut si pedagang, ia kulakan kue tersebut di pasar yang tidak jauh dari sekolah. Ia biasanya belanja kue seminggu sekali, tapi kalau banyak yang beli, ia cepat-cepat menambah stoknya.

Meski tidak setiap hari beli dan memakan kue koya, saya termasuk yang menyukai kue tersebut. Saya akan membelinya jika dapat uang jajan dari orang tua.

Selain kue koya sebagai kue jaman dulu alias jadul, kue lainnya adalah kue sagon, jajanan tepung yang kalau dimakan langsung memenuhi rongga mulut. Kue ini mirip dengan kue koya, hanya saja lebih cepat hancur begitu mendarat di mulut.

Jajanan lainnya adalah kerupuk kuning digoreng pasir dan disiram sambel kacang cair. Biasanya kerupuk dibawa oleh si pedagang menggunakan plastik besar dan cairan sambalnya dimasukkan dalam panci berukuran sedang.

Kue dan makanan tersebut di atas sekarang pun masih ada, tapi tidak lagi dijual di sekolahan. Sepertinya kalah bersaing dengan kue dan makanan lain.

Saya sendiri mendapatkan kue koya seperti pada foto dipostingan ini ketika sedang membeli oleh-oleh di toko kue bakpia Yogyakarta.

Melihat kue koya nangkring di rak, saya jadi teringat masa kanak-kanak. Langsung saja saya beli beberapa buah dan dipotret dulu sebelum dimakan dan dijadikan postingan (maklumlah blogger).

Nach kalau salah satu kue kesukaan saya saat kanak-kanak adalah kue koya, apa kue kesukaan anda saat kecil?


dikirim lewat BlackBerry® oleh pemilik blog http://arisheruutomo.com

2 comments:

afiv said...

biar kue jadul, asal enak pasti masuk perut :)

niQue said...

sampe sekarang masih ngefans sama kue sagu mas :D blom ada gantinya hehehe
saya malah blom kenalan sama kue koya hohoo