20.4.11

Tulisan di Blog Masuk Jurnal Ilmiah

“Ris, dua buah tulisanmu dimuat di Jurnal Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Kementerian Luar Negeri yah”, tanya seorang rekan saya sambil menunjukkan dua buah jurnal yang terbit setiap 4 bulan sekali, dimana di kedua jurnal tersebut terdapat tulisan saya.

“Iya, benar. Tahun 2010 lalu saya memang mengirimkan dua buah tulisan ke redaksi Jurnal Luar Negeri, tapi tidak dalam waktu yang bersamaan” ujar saya. “Alhamdullilah kedua tulisan yang berjudul Kualitas Kepemimpinan Indonesia di ASEAN dan resensi 60 tahun hubungan Indonesia-Rusia, dimuat dalam jurnal edisi Januari-April 2010 dan Mei-Agustus 2010, sementara untuk edisi September-Desember 2010 saya tidak mengirimkan”, tambah saya kemudian.

“Wah asyik dong, berarti dari 3 edisi Jurnal luar Negeri yang terbit pada tahun 2010, dua diantaranya memuat tulisanmu” tanya teman saya lebih lanjut.

“Benar sekali, dua buah tulisan saya tersebut memang berasal dari blog http://arisheruutomo.com dan http://arishu.blogspot.com. Hanya saja, sebelum mengirimkan ke redaksi Jurnal Luar Negeri, tulisan tersebut saya perbaiki sedikit agar lebih sesuai dengan bahasa jurnal” jawab saya segera.

“Terus terang saya tidak menduga kalau kedua tulisan saya dilirik oleh Redaksi Jurnal Luar Negeri . Sepengetahuan saya. jurnal yang diterbitkan oleh Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kemlu merupakan jurnal serius yang mengupas perkembangan politik dan hubungan luar negeri RI. Dan biasanya pula, tulisan yang dimuat di jurnal tersebut merupakan tulisan para pakar yang sudah dipresentasikan di forum-forum seminar atau diskusi, sehingga sudah teruji” saya mencoba memberikan penjelasan tambahan.

“Tulisan ringan saya seputar politik dan hubungan luar negeri memang sengaja dibuat ringan agar informasi yang disampaikan mudah dicerna para pembaca. Selain itu, dengan menempatkan tulisan kita di blog, kita bisa memperoleh masukan dan pertanyaan dari pengunjung, dimana semua itu bisa digunakan untuk memperkaya konten tulisan. Tidak berlebihan jika saya katakan bahwa blog merupakan suatu inkubator, tempat kita mengendapkan pemikiran-pemikiran dalam suatu tulisan sebelum nantinya disempurnakan menjadi sebuah tulisan yang lebih baik langit” tambah saya lagi.

“O gitu, baru tahu kalau blog bisa jadi inkubator tulisan. Keren banget mas, saya juga mau ngeblog ach” samber teman saya tersebut.

“Oke sip, selamat ngeblog ya. Saya mohon pamit, mau ambil honor tulisan” ujar saya seraya t menuju kantor Redaksi Jurnal Luar Negeri.

No comments: