31.10.10

Alhamdullilah Be-Blog Raih Blog Komunitas Wilayah Terbaik di Pesta Blogger 2010

Alhamdullilah, Komunitas Blogger Bekasi (Be-Blog) meraih penghargaan sebagai blog komunitas berbasis wilayah terbaik di Pesta Blogger 2010 (PB 2010) yang diselenggarakan di Epicentrum Walk, Taman Rasuna Kuningan, Jakarta, Sabtu 30 Oktober 2010. Penghargaan diserahkan oleh Vice President Media Buzzcity Ltd Michael de Souza (salah satu sponsor PB 2010) dan mantan Ketua Penyelenggara PB2010 Endah Nasution kepada saya sebagai Ketua Be-Blog. Atas kemenangan ini Be-Blog berhak atas hadiah uang sebesar Rp. 5 juta, notebook Acer dan sertfikat.

Pesta Blogger merupakan ajang kopi darat atau silaturahmi blogger berskala besar dihadiri oleh sekitar 1.000 orang blogger, penggiat sosial media dan onliners dari seluruh Indonesia. Acara kali ini merupakan pesta blogger yang keempat setelah pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Berbagai acara kegiatan digelar untuk memeriahkan ajang PB2010 mulai dari pelatihan blog di berbagai daerah sejak beberapa waktu sebelumnya hingga acara puncak yang berlangsung kemarin. Pada acara puncak ini digelar acara hiburan, diskusi terbatas tentang berbagai isu dan pemberian penghargaan bagi blog-blog terbaik.

Dengan tema “Merayakan Keragaman” , Panitia PB2010 memberikan penghargaan blog terbaik sebagai bentuk apresiasi kepada individu dan kelompok yang secara konsisen memberikan inspirasi dan manfaat nyata bagi lingkungannya. Dewan juri untuk penentuan pemenang ini adalah Labibah Zain (Pendiri Forum Blogger Family (BLOGFAM), dosen dan penulis), Budi Putra (Country Editor Yahoo Indonesia), Nezar Patria (Jurnalis, Ketua Aliansi Jurnalis Independen 2008-2011), Roni Yuzirman (Founder Komunitas Tangan Di Atas) dan Najwa Shihab (News Anchor Metro TV aktif di twitter).

Sebagai blogger yang dipercaya memimpin Be-Blog, keberhasilan Be-Blog meraih predikat terbaik blog komunitas berbasis wilayah se Indonesia tentu saja sangat membanggakan dan layak disyukuri. Dalam usia muda, 1 tahun 2 bulan, kiprah Be-Blog ternyata mendapat perhatian penuh dan dinilai dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi lingkungannya.

Namun demikian, kerja belum selesai dan tidak bisa berpuas diri begitu saja, masih banyak hal yang mesti dikerjakan untuk kemajuan komunitas dan mendorong sumbangsih be-blog yang lebih besar lagi. Karenanya selain mengucap syukur, be-Blog mesti bersiap menghadapi tantangan ke depan dalam menjadikan blog sebagai salah satu media alternatif penyampaian informasi melalui internet dan mendorong peran serta aktif masyarakat memajukan wilayahnya lewat kegiatan yang disebut sebagai jurnalisme warga.

Keinginan di atas tentu saja bukan hal yang mudah dan tidak bisa berbekal retorika dan berdebat di milis atau rapat-rapat, tapi menghilang ketika harus action. Hanya dengan semangat berbagi dari para blogger Bekasi dan teman-teman be-Blog serta potensi luar biasa yang dimiliki, tidak sekedar Omdo atau NATO (No Action Talking Only), maka segala cita-cita bersama Be-Blog akan dapat tercapai.

Sebagai penutup, selaku Ketua Be-Blog saya berterima kasih atas dukungan rekan-rekan blogger semuanya atas kebersamaan dan kerjasamanya. Mari bersama-sama kita jadikan Be-Blog agar tetap istiqomah dan selalu rendah hari serta dapat memberikan kontribusi yang lebih besar ke masyarakat lewat blog dan kegiatan offline.

Salam Kebersamaan Be-Blog

No comments: