3.10.10

Habis Hujan Terbitlah Banjir

Minggu 3 Oktober 2010, Bekasi seharian diliputi awan berarak. Suasana kelabu membuat orang enggan keluar rumah. Puncaknya sekitar pukul 12 siang, air bagai ditumpahkan dari langit. Meski tidak berlangsung lama, cukup untuk membuat sebagian wilayah di Bekasi terendam banjir. Belum lagi genangan air surut, hujan kembali tercurah dan air pun kembali menggenangi kawasan yang sudah terendam banjir.

Salah satu kawasan yang terpantau mengalami banjir adalah komplek perumahan Persada Kemala. Komplek perumahan yang berdampingan dengan perumahan Jaka Permai beberapa bagiannya langsung terendam banjir. Akibatnya warga yang tinggal di blok belakang kesulitan melewati jalan utama perumahan. Untung satpam bertindak sigap dengan menutup jalan yang terendam banjir dan membuka pintu gerbang tengah yang menuju jalan Gaharu di perumahan Jaka Permai.

Untuk sementara masalah akses masuk dan keluar perumahan Persada Kemala teratasi. Namun warga yang rumahnya berada di kawasan blok yang terendam banjir dapat dipastikan tidak bakal bisa tidur nyenyak jika hujan turun kembali. Mereka khawatir begitu hujan kembali menderas, airpun akan memasuki rumah mereka. Meski biasanya air yang masuk ke rumah tidak berlangsung lama, tapi sudah cukup untuk membuat badan pegal-pegal karena sesudahnya harus membersihkan kotoran yang terbawa air.

Banjir di beberapa kawasan perumahan di Bekasi sepertinya sudah menjadi langganan, penyebabnya antara lain sistim pembuangan yang tidak memadai. Sungai-sungai yang melintasi perumahan sudah tidak bisa lagi menampung debit air yang melimpah. Selain terhambat sampah-sampah, yang seringkali lupa dibersihkan ketika kemarau, tidak ada lagi kawasan yang berfungsi sebagai tempat penampoungan dan peresapan air. Kawasan yang dulunya menjadi tempat penampungan dan peresapan air kini sudah beralih fungsi menjadi kawasan perumahan baru yang sebagian arealnya ditutupi aspal.

Warga kini nampaknya hanya bisa bersikap pasrah dan berdoa semoga hujan tidak terlalu lebat sehingga habis hujan tidak menerbitkan banjir.

Kalau di Persada Kemala banjir setiap kali hujan deras dan agak lama, bagaimana dengan kawasan tempat tinggal anda?

No comments: