9.2.10

Warga Bekasi (Ternyata) Tak Peduli Adipura

Target Walikota Bekasi H. Mochtar Mohamad untuk meraih Piala Adipura tahun 2010 tampaknya akan menghadapi tantangan serius. Ketika beliau secara sungguh-sungguh berkampanye dari satu tempat ke tempat lain, melakukan aksi tanam pohon setiap minggu dan ber iklan di radio, ternyata tidak jauh dari kantor walikota, tepatnya di kawasan Gelanggang Olah Raga (GOR) dan Bumi Perkemahan Pramuka kondisinya masih sangat memprihatinkan. Sehingga tepat rasanya jika dikatakan semut di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak kelihatan.

GOR dan Bumi Perkemahan Pramuka yang letaknya persis di depan kantor walikota ini, setiap akhir pekan memang selalu dipadati warga Bekasi yang ingin melakukan berbagai kegiatan seperti berolah raga, berekreasi hingga berpacaran. Tempatnya yang cukup luas dan rimbun memang menunjang semua kegiatan tersebut. Sayang kondisi kebersihan lingkungan tidak terpelihara dan dengan mudah dapat dijumpai sampah-sampah yang berserakan.

Banyaknya anggota masyarakat yang berkumpul, disertai kehadiran pedagang kaki lima, menjadikan kawasan GOR dan Bumi Perkemahan sangat ramai, khususnya di akhir pekan. Namun rendahnya kesadaran anggota masyarakat dalam turut serta memelihara kebersihan dan lingkungan, menjadikan kawasan ini kotor. Kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dan senantiasa mengedepankan aspek kebersihan merupakan faktor penting berhasilnya upaya memelihara kebersihan lingkungan.

Untuk itu, sebelum jauh-jauh bicara tentang Adipura dan kesadaran masyarakat, hanya ada sebuah pertanyaan sederhana yang kiranya perlu dijawab “Apa upaya anda menjaga kebersihan dan sudahkan hari ini anda membuang sampah pada tempatnya ?”

1 comment:

Wijaya Kusumah said...

saya sdh menerapkannya di lingkungan saya sendiri dengan menanam pohon di halaman rumah dan menjaga keberishannya.

salam
omjay