

China tampaknya memang serius mengembangkan industri otomotif lokal. Selain untuk memenuhi kebutuhan pasarnya, China tentu saja melihat peluang pasar otomotif yang besar di Asia, Timur Tengah dan Afrika serta tidak menutup kemungkinan merambah Eropa dan Amerika. Upaya ini tampaknya sama persis dengan yang dilakukan Korea ketika mengembangkan industri otomotif lokalnya. Hasilnya, kini semua kebutuhan otomotif dalam negeri Korea telah dapat terpenuhi. Kalau kita berkesempatan mengunjungi Korea, maka kita akan melihat kendaraan yang berlalu-lalang buatan Korea seperti Hyundai dan Daewoo. Bahkan Hyundai sendiri kini telah ikut meramaikan pasar otomotif Asia dan Eropa.
Melihat keseriusan China, sebentar lagi kita akan melihat mobil-mobil China beredar di Indonesia, setelah sebelumnya kita menyaksikan motor China. Lagi-lagi masyarakat Indonesia yang berjumlah 200-an juta akan menjadi konsumen produk-produk impor, tanpa pernah bisa merasakan kenikmatan produk otomotif buatan dalam negeri. Saya tidak paham mengenai ribetnya pengembangan industri otomotif dalam negeri, tapi dulu-dulu pernah ada upaya membuat mobil dalam negeri seperti Timor, Maleo atau Kancil. Sayang pengembanganya tidak jelas, sehingga bisa dikatakan belum ada mobil buatan Indonesia yang bisa diandalkan dalam dunia otomotif, setidaknya di dalam negeri. Atau mungkinkah mobil seperti Kijang atau Avanza sekarang ini bisa disebut mobil buatan Indonesia?.

5 comments:
mobil cina? bagus ga seh?
Apa nantinya mobil cina sama nasibnya dengan sepeda motor cina ya..!
kpn keluar di indonesia ?
trus harganya berapa ?
abel*
thank's infonya, lihat http://car-clickers.blogspot.com juga ya...
gambar yg terakhir, mobilnya lucu bgt
Post a Comment