8.1.07

Handphone Crypto

Iseng-iseng browsing re handphone crypto, ketemu salah satu situs perusahaan yang menawarkan Nokia yang dilengkapi crypto. Adapun produk-produk yang ditawarkan adalah Nokia 6630, Nokia 6680, Nokia 6681, Nokia 6682, Nokia N70, Nokia N72, Nokia N90. Yang menarik, kantor pusat dari perusahaan tersebut berada di Tel Aviv, Israel. Negara Yahudi tersebut, memang dikenal jago memproduksi senjata-senjata perang berteknologi canggih, termasuk sangat piawai dalam mengembangkan sistim pengamanan informasi dan komunikasi.

Upaya Israel menguasai teknologi canggih peralatan perang dan keamanan sistim informasi bisa diibaratkan sebagai dua sisi dari sekeping mata uang. Keduanya tidak terpisahkan dan saling melengkapi, baik saat perang maupun damai, Saat perang, peralatan perang yang didukung sistim keamanan informasi dan komunikasi canggih sangat membantu dalam operasi di medan tempur. Sedangkan di saat damai, peralatan perang dan sistim keamanan informasi informasi dan komunikasi canggih merupakan dua komoditi yang layak jual ke negara-negara yang menginginkan pertahanan yang kuat. Kredo Civis pacem para bellum (jika ingin damai, bersiaplah untuk berperang) mendorong setiap negara untuk berlomba melengkapi diri dengan senjata mutakhir.

Bicara persenjataan mutakhir Israel, Indonesia juga merupakan salah satu negara pembeli persenjataan produk Israel. TNI AD sering mempergunakan senjata canggih buatan Israel dan bahkan di tahun 2005 sempat muncul berita bahwa TNI AD berencana melakukan pembelian senapan jenis AR Galiea, dan juga keinginan untuk membeli Unmanned Aerial Vehicles (UAV). Khusus UAV, Budi Rahardjo sempat ada yang mempertanyakan kenapa membeli dari Israel, padahal Indonesia sendiri (dalam hal ini ITB) sudah bisa membuatnya.

Kembali ke handphone crypto yang ditawarkan Gold Lock, nama perusahaan yang menawarkan handphone crypto tersebut, disebutkan bahwa dalam salah satu produk yang ditawarkannya yaitu Nokia N70 terdapat enskripsi RSA yang sangat kuat dengan data 1024 bit, kunci acak setiap panggilan telepon dimulai dan 256 bit kunci acak pada setiap rangkaiannya dan dirubah setiap detik. Yang menarik, meski dilengkapi dengan algoritma enskripsi, tapi handphone ini tetap memiliki fungsi komunikasi sama seperti Nokia N70 lainnya.

Saya yang sangat awam dengan teknologi enskripsi yang sudah sedemikian canggih, jelas terkagum-kagum dengan kekuatan algoritma yang ditawarkan. Saya membayangkan seandainya saja seseorang memiliki perangkat tersebut, yang bersangkutan tidak perlu khawatir pembicaraannya atau kiriman pesan pendeknya diketahui orang lain. Saya juga membayangkan, seandainya mantan Presiden Habibie dan mantan Jaksa Agung Andi Ghalib pada tahun 1999 telah memiliki handphone crypto, mungkin pembicaraannya saat itu tidak akan dapat disadap. Atau kalau mengacu kepada video heboh Yahya Zaini dan Maria Eva yang diambil dari handphone, jika saja handphone untuk merekam menggunakan crypto, tentu hasilnya akan sulit diketahui orang lain, karena sudah diacak dengan kunci yang sedemikian rumit.

7 comments:

Irawan said...

Info menarik mas. Tapi kok paragraf akhirnya gak uenak ya :). Seolah-olah security device "hanya" sebatas itu kegunaannya ... he... he... he ...

handphone crypto murah said...

Crypto...sangat menarik untuk SEBAGIAN orang. Berpulang kepada pengguna, terutama pengguna 'biasa' tentu tidak mempermasalahkan hal ini. Saya lebih memilih untuk berhati-hati.

mallponsel.com said...

Kalau mo iklan jual-beli khusu handphone/pda dan aksesorisnya silakan pasang di http://www.mallponsel.com Gratis dan Ga perlu registrasi.

LINIDEPAN said...

infonya bagus om.. cuman handphone crypto hanya bisa aman kalau kedua duanya menggunakan hp crypto juga.. kalau salah satu tidak punya sama saja jalurnya tidak aman..

setelah menggunakannya memang sedikit aneh dan banyak protokol yang harus diisi.. tp kalau mau aman yah gitu deh..

Larisbanget.com said...

Crypto apaan sih boss? baru denger ane


jangan lupa pasang iklan kamu di www.larisbanget.com Gratisss...

Spare Parts HP said...

Apa kekurangan dan kelebihan dari CRYPTO itu sendiri??????
Thx a lot

Iklan Handphone said...

baru denger nih nama crypto, itu nama sebuah aplikasinya apa software mas ?