12.3.11

Pray for Japan

Segera setelah gempa bumi berskala 8,9 skala Richter terjadi pada tanggal 11 Maret 2011 pukul 14.46, gelombang Tsunami datang menghancurkan wilayah pesisir pantai timur Jepang. Dari gambar-gambar yang ditampilkan sejumlah media terlihat betapa dahsyatnya musibah yang terjadi. Kapal-kapal laut, rumah dan kendaraan yang ada di kawasan tersebut luluh lantak diterjang gelobang.

Gempa yang terjadi dan diikuti gelombang tsunami kali ini merupakan musibah terbesar yang selama ini pernah terjadi. Dilaporkan setidaknya ditemukan sebanyak 9.500 orang (setengah dari penduduk kota Minsanriku) tewas, serta sebagian besar lainnya belum diketemukan. Dari pantauan media, setelah gempa besar ini, beberapa gempa susulan juga terus terjadi.

Selain menghancurkan Jepang timur, bencan ini juga memunculkan kekhawatiran bahwa gempa ini juga akan terjadi di kawasan Pasifik. Untuk itu sejumlah sinyal peringatan sudah dibunyikan dan masyarakat yang tinggal di sisi pantai Pasifik diminta untuk waspada dan bersiap melakukan evakuasi segera jika bencana terjadi.

Menghadapi musibah besar ini, selain bersiap dengan sejumlah peralatan dan teknologi maju guna mengurangi jumlah korban, kita juga mesti berdoa untuk kebaikan kita semua, khususnya untuk masyarakat Jepang agar tetap tabah dan kuat menghadapi bencana. Untuk itu melalu jejaring sosial media, pengguna twitter di seluruh dunia lewat hastag #prayforjapan, menyerukan doa bersama untuk keselamatan masyarakat yang terkena bencana, khususnya masyarakat Jepang. Amin Ya Robbal Alamin

No comments: