7.3.11

Nachrowi Ramli Bakal Calon Gubernur DKI 2012-2017

“Jika ada yang bertanya apakah saya akan mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta tahun 2012-2017, maka jawabannya adalah saya akan mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI jika memperoleh dukungan dari masyarakat dan partai-partai politik. Untuk itu saat ini saya sedang mempersiapkan diri agar memperoleh dukungan tersebut” demikian pernyataan yang disampaikan Ketua Partai Demokrat DKI Mayor Jenderal (Purn) Nachrowi Ramli dihadapan para alumni Akademi Sandi Negara (AKSARA) dan Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) pada Reuni Akbar AKSARA dan STSN 2011 di kampus STSN Ciseeng Bogor Jawa Barat tanggal 6 Maret 2011.

Sebagai alumnus AKSARA angkatan 4 tahun 1978 dan juga mantan Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) tahun 2002-2008, Nachrowi Ramli yang akrab dipanggil Bang Ramli oleh para juniornya, merasa perlu menyampaikan pernyataan tersebut guna menjawab berbagai pertanyaan terkait mulai ramainya pemberitaan di media massa bahwa dirinya akan ikut pemilihan kepala daerah (pilkada) Gubernur DKI pada tahun 2012 mendatang, bersaing dengan Gubernur petahana (incumbent) Fauzi Bowo yang kemungkinan akan mencalonkan diri kembali.

Dengan lugas Bang Ramli menyampaikan bahwa meskipun pemilihan baru akan berlangsung tahun depan, namun ia perlu memperkenalkan diri lebih awal kepada seluruh lapisan masyarakat di Jakarta agar bisa dikenal lebih jauh, terutama terkait program-program yang akan diusung jika terpilih sebagai gubernur.

Ditambahkan oleh Bang Ramli bahwa sebagai anak Betawi yang sekarang menjabat Ketua Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi), Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Betawi dan Ketua Dewan Koperasi Jakarta, dapat dipastikan bahwa dirinya cukup dikenal oleh sebagian besar anggota masyarakat Betawi. Namun hal tersebut bukan berarti dirnya dikenal pula oleh berbagai lapisan masyakarat lainnya. Hal ini mengingat warga Jakarta berasal dari beragam suku bangsa dan elemen masyarakat. Karena itu ia meminta bantuan masyarakat Jakarta untuk memperkenalkan dirinya.

Sebagai adik kelasnya di AKSARA tentu saja saya menyambut baik niat Bang Ramli untuk maju sebagai calon Gubernur DKI. Niatnya bekerja untuk kepentingan kebaikan Jakarta yang merupakan pintu gerbang negara layak didukung.

Tentu saja Bang Ramli tidak bermodalkan semangat belaka dalam mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI. Sebagai seorang mantan tentara dan birokrat di Lemsaneg, saya melihat Bang Ramli memiliki modal yang baik untuk memimpin Jakarta. Ketika menjadi Kepala Lemsaneg, ia mampu membawa Lemsaneg sebagai institusi yang mampu membangun infrastruktur persandian dengan baik. Suatu kemampuan yang pantas untuk ditularkan saat menjadi pemimpin DKI, terutama saat melakukan pembangunan yang terkait dengan infrastruktur jalan raya yang dapat mengurai kemacetan Jakarta.

Seperti sebagian besar anggota masyarakat Jakarta ataupun yang tinggal di sekitar Jakarta, tentu saja saya berharap bahwa Bang Ramli mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI karena didasarkan pada kecintaan dari kepeduliannya pada Jakarta yang nyaman, aman, damai dan tenteram. Selain itu kita juga berharap transportasi Jakarta yang semakin macet dari hari ke hari dapat dibenahi sungguh-sungguh, bukan hanya bagus di atas kertas. Begtu pula masalah banjir yang seolah menjadi arisan setiap tahunnya dapat diatasi sehingga tidak ada lagi daerah yang menjadi langganan banjir.

Dengan pengalamannya di di ketentaraan dan birokrasi, Bang Ramli bisa menjadi figur kuat calon alternatif gubernur DKI mendatang. Sudah saatnya Jakarta dipimpin kembali oleh tokoh yang kuat dan tegas seperti Bang Ali atau Bang Yos.

Berikut data singkat Nachrowi Ramli alias Bang Ramli:

Nama: Nachrowi Ramli

Tempat/tanggal lahir: Jakarta, 12 Juli 1951

Pendidikan: AKABRI 1973 dan AKSARA angkatan 4

Pengalaman pekerjaan/organisasi: Kepala Lemsaneg (2002-2008), Ketua Forkabi, Ketua Bamu Betawi dan Ketua Dewan Koperasi wilayah Jakarta.

Partai Politik : Demokrat (Ketua Partai Demokrat DKI)


No comments: