15.10.10

Air Sahabat Kita

Air adalah zat atau materi atau unsur yang dibutuhkan semua mahluk hidup di bumi. Air menutupi sekitar 71% permukaan bumi. Menyadari pentingnya air bagi kehidupan, dapat dipahami jika kegiatan Blog Action Day 2010 yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2010 mengambil tema air. Sekitar 4.400 blog dari 133 negara ikut berpartisipasi dan menulis artikel di blognya hal-hal yang terkait dengan air.

Bagi saya sendiri, ketika mengetahui bahwa air menjadi tema Blog Action Day 2010, entah mengapa pikiran saya langsung melayang ke baris-baris kata dalam tembang Bengawan Solo karya Gesang: Musim kemarau/Tak seberapa airmu/Dimusim hujan air../Meluap sampai jauh. Tidak cukup sampai disitu, ada baris kata lain yang dituliskan Gesang: Mata airmu dari Solo/Terkurung gunung seribu/Air meluap sampai jauh/Dan akhirnya ke laut.

Bisa jadi Gesang saat itu tidak mengira jika air yang meluap, meski akhirnya ke laut, tetapi mampir dulu di pemukiman warga sebagai banjir atau genangan di sejumlah titik. Ada banjir yang hanya sebentar, namun ada pula yang sampai berhari-hari. Namun apapun itu, muncul dampak yang sama yaitu kotor dan menyebabkan penyakit. Disini air yang mestinya memberi manfaat justru menjadi musibah.

Kartun "Enjoying the Water" jelas menggambarkan bahwa air bisa jadi musibah karena air yang yang tenang tidak selamanya aman. Bukankah juga ada pepatah yang berbunyi "air tenang menghanyutkan. Air beriak tanda tak dalam".

Tapi namanya manusia, ditengah musibah selalu saja ada peluang untuk menunjukkan kreativitasnya dan mengubahnya menjadi peluang. Ketika banjir tiba, gerobak pun bisa jadi kendaraan untuk mengangkut orang-orang yang ingin menghindari banjir. Yang lebih konyol lagi, ditengah banjir ada saja orang yang masih bersenang-senang dengan bermain ski di area banjir.

Akhirnya lewat gambar-gambar tersebut saya ingin menunjukkan bahwa air adalah sahabat kita semua. Karena itu cermatlah kita menggunakannya. Jangan cemari lingkungan yang berakibat cemarnya air yang dikonsumsi manusia. Air adalah milik kita semua an kitalah yang bersama-sama mesti menjaganya. Mari bersama-sama kita dukungan upaya PBB untuk memperoleh air bersih dan sehat bagi jutaan umat manusia di bumi.

Change.org|Start Petition


1 comment:

ajengkol said...

Save our water