19.7.10

Kopdar Jalan Raya ala Blogger Bekasi

Minggu 18 Juli 2010, sekitar jam 04.00, Mas Kribo dari Genada Sound System sudah menelpon saya bahwa ia sudah tiba di lokasi senam aerobik dan menanyakan dimana akan diletakkan speaker untuk senam. Dengan mata masih terkantuk-kantuk, saya bilang agar speaker-speaker tersebut di letakkan di trotoar saja. Kita akan senam di jalan raya, sehingga lebih pas jika speaker di pasang di trotoar dibanding di halaman gedung.

Mas Kribo ini (saya tidak tahu nama aslinya karena ketika ditanya dia hanya bilang panggil saja Kribo) adalah anak buah Pak Eko Petruk (lagi-lagi saya belum tahu nama aslinya) pemilik Genada Sound System yang berlokasi di Rawa Lumbu yang membantu menyewakan perangkat sound system dan mencari instruktur senam aerobik.

Setelah subuhan dan urusan pagi hari selesai, maka sekitar sekitar jam 05.45 saya dan keluarga meluncur ke lokasi Car Free Day (CFD) di jalan Ahmad Yani, Bekasi. Baru saja berada di dekat Bekasi Central Park, masuk pesan BBM dari Mas Eko Eshape “Mas Aris sudah dimana? Saya dan mas Amril lagi bayar tol nich”. “Saya sudah di depan BCP mas, kita ketemu di lokasi ya”, jawab saya.

Tidak lama kemudian saya pun tiba di lokasi. Jalanan masih terlihat lengang, belum banyak yang memulai aktivitas berolah raga. Saya lihat Mas Rawi (Ketua Panitia HUT ke-1 be-Blog) sudah berdiri di depan kantor tempat lokasi senam. Tak lama berselang datang Om Jay beserta putrinya Intan. Kali ini Om Jay tidak mengenakan peci kebesarannya, sehingga sempat membuat Kiki, anak saya, sedikit pangling, “Ayah, itu Om Jay ya … kok beda sich?”.

Menyusul kedatangan Om Jay, tiba Mas Eko Eshape dan Mas Amril beserta putranya, Rizky. “wah pas nich tempatnya disini, kalau ditempat semula di depan kantor walikota, suara speaker kita akan kalah dengan bunyi speaker acara HUT Koperasi”, ujar Mas Eko. “iya mas, ini blessing in disguise dari tidak jalannya Plan A. Sebenarnya kita rencanakan tempat senam di depan pemkot. Tapi sampai H-2 pegawai pemkot yang dimintakan bantuan tidak memberikan tanggap dan tidak bisa dihubungi sama sekali” ujar saya mencoba menjelaskan. “Sementara Coca Cola yang semula mau kasih pinjaman sound system, batal karena tidak ada surat pemberitahuan dari Pemkot. Pihak Coca Cola khawatir acara CFD akan sepi seperti waktu tanggal 20 Juni 2010” saya mencoba memberikan tambahan penjelasan.

Mendengar omongan saya, Mas Eko dan Mas Amril cuma senyum-senyum saja seolah mau bilang “yach orang Pemkot kan emang begitu. Gak bisa dipegang omongannya. Bilangnya gak ada acara lain ternyata ada acara HUT Koperasi. Untung be-Blog bukan “the A Team” yang gak punya Plan lain”.

Sambil menunggu para peserta senam lainnya, kami pun kemudian memanfaat waktu untuk berbincang dan bermain bola. Tak lama kemudian datang rombongan Ibote dengan kaos seragamnya yang keren. Waktu sudah menunjukkan pukul 06.50 namun belum banyak yang berkumpul di lokasi. Mungkin mereka menunggu di depan kantor walikota seperti pengumuman di internet.

Tak ada akar rotan pun jadi, belum banyak yang berkumpul yang ada pun jadi. Maka begitu alunan musik pengiring senam diperdengarkan, lewat pengeras suara, instruktur senam Mbak Dini langsung mengundang para peserta yang mungkin masih berada di tempat lain dan para pejalan kaki untuk bersenam aerobik bersama. Hasilnya banyak yang kemudian ikut bergabung, sehingga sesuai rencana tepat pukul 07.00 senam pun di mulai.

Diawali dengan senam peregangan kemudian dilanjutkan dengan senam pernafasan, para peserta senam aerobik pun kemudian diajak untuk bergoyang menggerakkan badan. Tak pelak lagi keringat pun bercucuran dan badan terasa lebih segar.

Usai bersenam pagi, sebagian ada yang langsung menyantap bubur mie jawara yang lezat. Yang meski agak datang terlambat tapi disambut antusias oleh para peserta yang sudah agak lapar, maklum banyak yang belum sarapan.

Sementara itu, sesuai tradisi blogger, kesempatan ini juga digunakan untuk berfoto ria di jalan raya. Lihat latar belakangnya gedung yang ada kincir anginnya, sepertinya para blogger Bekasi sedang kopdaran di Belanda.

Usai berfoto-foto, sebagian bermain bola di jalan raya. Wuah pokoknya gak ada capeknya dech. Padahal senam aerobik selama 1 jam sudah cukup menguras tenaga.



Alhamdulliah kegiatan pertama Ultah ke-1 Be-Blog yang digelar teman-teman blogger Bekasi telah berjalan dengan baik. Semua peserta, baik blogger maupun non-blogger, tersenyum riang dan pulang dengan badan segar. Kegiatan kopi darat ini mungkin bisa dicatat sebagai kopdaran unik pertama yang dilakukan di tengah jalan raya. Kegiatan ini juga sekaligus bisa menghapus kesan bahwa kopdaran sebuah Komunitas Blogger tidak harus selalu dilakukan di mall, restoran atau cafe, di jalan raya pun OK.

No comments: