13.12.08

Selamat Jalan Pak Ali Alatas

Indonesia kembali kehilangan salah seorang putra terbaiknya saat Pak Ali Alatas atau yang juga biasa dipanggil Pak Alex berpulang ke haribaan NYA pada tanggal 11 Desember 2008 pukul 07.30 di Singapura. Beliau merupakan diplomat senior, singa tua di dunia diplomasi, yang berjasa dalam memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia di berbagai forum internasional, tidak hanya tingkat regional tetapi juga global.

Melihat kiprahnya di dunia diplomasi, berbagai penghargaan dan pujian dilayangkan kepada beliau. Negara pun memberikan apresiasi sangat tinggi terhadap dedikasi dan darma baktinya, terbukti dengan pemberian Bintang Jasa Mahaputera Utama dan upacara pemakaman yang langsung dipimpin Presiden SBY serta dihadiri banyak pejabat tinggi negara dan anggota masyarakat. Ucapan duka cita pun mengalir dari para pemimpin negara di dunia, termasuk PM Malaysia Abdullah Badawi yang hadir untuk melayat di rumah kediamannya.

Sebagai salah satu staf di instansi yang beliau pernah pimpin, saya beruntung pernah beberapa kali bertemu langsung dengan Almarhum Pak Alex. Saya terkesan dengan kepintaran, tutur kata yang santun, cara penyampaian/penjelasan suatu permasalahan yang sistimatis dan mengalir jelas, dan tentu saja sikap kerendahan hati beliau.

Seperti harimau mati meninggalkan belang, maka Pak Ali Alatas pergi dengan damai meninggalkan keteladan sebagai seorang pejuang perdamaian dan negarawan yang dikenal di dunia internasional. Selamat jalan Pak Alex, Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un.

Bonus:

3 comments:

Ullyanov said...

Walopun saya hanya tahu Pak Alex di televisi, saya juga kagum padanya. Ia dikenal jelas karena kiprahnya dalam dunia diplomasi luar negeri. Semoga nanti akan lahir Alex Alex baru di negeri ini.

iman brotoseno said...

selamat jalan pak Alex,..
kita tunggu kiprah menteri luar negeri 2014 - 2019, Aris Heru Utomo

anton said...

makasih dah mampir, sejak 2006... wah dah jendral blog dunk mas,