20.11.08

Blog, Kepercayaan dan Pesta Blogger

Enggak nyangka tulisan saya di Kompasiana dikutip Mas Pepih Nugraha dalam artikelnya “Blog Upaya Menjadi Lebih Dipercaya” yang dimuat di Kompas cetak hari ini (20/10) halaman 13. Tulisan tersebut sebenarnya merupakan update tulisan yang dibuat dalam rangka hari Blogger Nasional tanggal 27 Oktober 2008. Dalam tulisan awal, judulnya singkat saja “Diplomasi Blog”, dalam versi updatenya sedikit disesuaikan “Diplomasi Blog: Dari Pesta Hingga Angkringan”. Tujuannya pun disesuaikan dalam rangka menyambut Pesta Blogger 2008 tanggal 22 November 2008 atau hari Sabtu besok.

Tulisan Mas Pepih tentang blog dan upaya meningkatkan kepercayaan terasa pas ditengah munculnya pemberitaan penyalahgunaan blog untuk menyebar fitnah dan kebohonagan seperti pemuatan kartun nabi Muhammad SAW di wordpress.com dan acara Pesta Blogger 2008. Pertanyaan mengenai kredibilitas blogger kembali mencuat. Kalau kredibilitas blogger saja dipertanyakan, maka hasil tulisannya pun pasti dipertanyakan keakuratannya, syukur-syukur tidak dianggap fitnah.


Tapi syukur lah, ditengah pertanyaan menyangkut kredibilitas blogger ataupun pandangan bahwa blog cuma kegiatan trend sesaat, blog sebagai media alternatif terus berkembang. Di Indonesia saja diperkirakan ada sekitar 500 ribuan blogger , dengan beragam profesi serta usia. Blogger saat ini bukan hanya praktisi IT, mahasiswa atau wartawan, tetapi banyak juga anak sekolah, PNS, Uskup, Ustad, politisi, tentara bahkan pensiunan. Dan seperti saya singgung dalam postingan sebelumnya, Kemlu AS pun sudah memanfaatkan blog untuk medium diplomasinya.

Dengan luasnya masyarakat yang memanfaatkan blog, menjadi tantangan tersendiri bagi para blogger untuk menulis secara bebas dan bertanggungjawab. Menjaga blognya tetap kredibel dan dipercaya pembacanya, dan kalau perlu arif. Seperti kata Mas Pepih, kuncinya sederhana “Think before posting” atau “Pikir dulu sesal pendapatan kemudian”.

Selamat berpesta blogger, saya ingin datang dan sudah terdaftar, tapi ndilalah kok ada konsinyering di akhir pekan. Saya nitip salam untuk semua rekan blogger kalau pada akhirnya enggak bisa datang.

2 comments:

susan said...

Sayang banget kalau blog disalahgunakan penggunaannya.. Tapi, saya yakin pembaca blog ini orang2 pintar yang tak mudah terbakar emosinya membaca sebuah fitnah.. Pesta Blogger? sy juga cuma mebaca postingan teman2 saja..katanya lebih seru drpd tahun lalu... semoga saja ada hal positif yg bisa diaplikasikan utk para blogger indonesia..

iskandarjet said...

Memang cukup meresahkan blog wordpress yang satu itu. untung enggak sampai jadi rame enggak karuan. saya juga sempat menulis seputar blog edan semacam ini. Btw, salam kenal, mas. saya baru saja menambahkan link blog Anda di blog saya (iskandarjet.kompasiana.com). See ya....