24.1.07

Anjing di ruang pertemuan

Kira-kira apa yang anda bayangkan jika seorang presiden sedang menerima tamu resmi negara, dan diliput banyak wartawan, tiba-tiba saja ada anjing peliharaan nyelonong masuk ke ruang pertemuan?

Mungkin anda membayangkan akan munculnya kehebohan dan kesibukan untuk segera mengeluarkan sang anjing yang berani-beraninya nyelonong tanpa permisi. Kemudian anda juga membayangkan bahwa pada akhir pertemuan akan ada kemarahan dari sang presiden terhadap petugas penjaga ataupun petugas protokol yang membiarkan sang anjing berlalu lalang.

Bayangan anda tersebut tidak sepenuhnya keliru, karena kemunculan seekor anjing pada suatu pertemuan tingkat kepala negara merupakan suatu hal yang tidak lajim. Biasanya pertemuan semacam ini telah dipersiapkan dengan seksama jauh-jauh hari, bukan hanya agenda pertemuan saja yang dibicarakan, tetapi juga tetek bengek lainnya yang terkait dengan aspek keamanan dan protokoler. Jadi kalau tiba-tiba saja ada seekor anjing masuk ke ruang pertemuan, tentu saja kesalahan layak ditujukan ke petugas keamanan dan protokol sebagai orang yang seharusnya mengamankan dan melancarkan jalannya pertemuan.

Saya meminta anda membayangkan hal di atas karena saya baru saja membaca berita yang dimuat AFP mengenai masuknya anjing peliharaan Presiden Rusia, Vladimir Putin, ke ruang pertemuan. Kejadian tersebut terjadi justru di saat sang presiden sedang menerima mitranya, Kanselir Jerman, Angela Merkel, di tempat peristirahatannya di Sochi (kawasan laut Hitam). Masuknya anjing peliharaan Putin yang bernama Koni (Connie) ini tentu saja menyela pertemuan serius antara Putin dan Merkel. Lagi asyik-asyiknya mereka ngomongin ”substansi” seperti masalah keamanan energi Uni Eropa, diplomasi Timur Tengah dan nuklir Iran, eh enak saja si Koni masuk dan mengendus-endus, termasuk duduk di dekat Merkel (lihat foto).

Menyadari bahwa Kanselir Merkel agak risi dengan kehadiran sang anjing, secara halus Putin berupaya menjauhkan anjing tersebut dari sisi Merkel sambil berujar ”saya tidak berpikir bahwa anjing ini akan menakutkan anda. Ia tidak akan melakukan hal yang buruk. Ia menyukai wartawan”. Merkel yang kemudian merasa lebih tenang, mencoba bertanya mengenai usia anjing tersebut dan dijawab oleh Putin bahwa anjing tersebut berusia lima tahun. Dan kemudian ditimpali oleh Merkel sebagai usia yang tidak terlalu tua bagi seekor anjing.

Lalu siapa sebenarnya Koni ini, kok sampai bisa keluar masuk dengan leluasa di ruang pertemuan presiden? Koni merupakan anjing peliharaan Putin jenis Labrador, yang dikenal sebagai anjing yang bersahabat, pintar, energetik dan bentuknya bagus. Di Rusia, Koni dikenal karena sering muncul pada acara-acara resmi kepresidenan, bahkan seringkali pula berdiri mendampingi Putin saat berbicara dalam berbagai kesempatan dengan wartawan, politisi ataupun anggota masyarakat lainnya di istana Kremlin. Terkadang karena akrabnya, tidak jarang para wartawan menyodorkan makanan kecil seperti biskuit.

Keterkenalan Koni ini pula lah yang kemudian mendorong Irina Borisova menulis buku Connie’s Stories yang diterbitkan Detskaya Literatura, penerbit buku anak-anak tertua sejak jaman Uni Soviet. Melalui buku ini, Borisova mencoba menggambarkan bagaimana perhatiannya Koni terhadap tuannya, simak kutipannya ”saya tidak ingin tuanku marah atau tidak suka kepada saya. Saya senang saat tuanku ramah kepadaku. Bow wow!”. Selain itu digambarkan pula kedekatan hubungan Koni dengan tuannya, seperti tampak dari kutipan berikut ”tuanku mengajak saya ketika pergi ke kantor. Menyenangkan tidur di karpet. Coba lah, saya yakin anda akan menyenanginya”.

Dengan gambaran kedekatan Koni dan tuannya seperti tersebut di atas, bayangan bahwa Putin akan memarahi pembantu-pembantunya tampaknya tidak akan terjadi. Dibiarkannya Koni masuk ruangan pertemuan, karena ia memang sudah terbiasa untuk itu, dan Putin pun akan senang hati memperkenalkan anjingnya kepada sang tamu. Kalau di istana Kremlin aja Koni bisa hadir, apalagi kalau pertemuan dilangsungkan di tempat peristirahatan presiden di Sochi. So pasti Koni bisa bebas keluar masuk. Bow wow!.

5 comments:

Anonymous said...

wah...anjingnya besar bangeut yah :))
ga sopan tuh anjing
lagian klo ada peremuan yah....dikurung dulu kek hehehehe

aroengbinang said...

keren anjingnya; boleh juga buat selingan dari pada bicara ekonomi dan politik mulu. salam.

www.anjingbagus.com said...

nice information .. :)

www.anjingbagus.com

www.anjingbagus.com said...
This comment has been removed by the author.
LoverDog said...

gan, blog tentang anjing nieh
www.cupiddog.blogspot.com