23.4.11

Ayam Lepas Lezat dan Pedas

Ngomongin “ayam lepas” jangan bayangkan ayam-ayam yang berkeliaran dan terbebas dari kandangnya. Jangan pula bayangkan “ayam” yang dikejar-kerja petugas kamtib karena menggangu kesusilaan. “Ayam lepas” disini adalah nama rumah makan baru di bilangan Kalimalang Bekasi, tepatnya di dekat Rumah Sakit Global Bros, sekitar 200 meter dari Mall Metropolitan.

Ketika kami tiba di rumah makan tersebut, terlihat kursi dan meja telah dipadati pengunjung yang sedang asyik menikmati hidangan yang tersedia. Beberapa pengunjung lainnya terlihat mengantri untuk mendapatkan tempat duduk dan memesan paket makanan untuk dibawa pulang.

Saya perhatikan, ramainya pengunjung di rumah makan “Ayam Lepas” ini bukan dikarenakan hari itu hari libur (libur Paskah), tetapi sudah ramai sejak peresmiaannya sekitar sebulan yang lalu. Setiap kali melintasi Kalimalang, saya perhatikan rumah makan ini ramai pengunjung. Ehm … pasti ada yang istimewa dari rumah makan ini, selain nama rumah makannya yang unik.

Tanpa berlama-lama, usai sholat Jumat di Masjid Al-Azhar Kalimalang, kami pun menyempatkan diri untuk mampir dan mencicipi makanan yang disajikan di resto yang memakai konsep warna merah pada desain ruangannya ini. Beruntung, saat kami tiba, terdapat sebuah meja kosong yang baru saja ditinggalkan pengunjung sebelumnya. Jadi kami bisa datang, duduk dan langsung pesan makanan.

Sesuai nama rumah makannya, menu utama yang disajikan adalah paket ayam goreng spesial yang dibandrol dengan harga Rp. 14 ribu per porsi. Dengan harga tersebut kita akan mendapatkan setangkup nasi putih, sepotong ayam goreng tepung, selembar kol, selada dan 2 potong timun, sekerat terong, dan sambal uleg. Selain paket ayam, terdapat pula paket burung spesial dan paket lele goreng dengan harga yang sama seperti paket ayam. Selain itu pula terdapat menu tambahan seperti cah kangkung, oseng-oseng toge, tempe goreng, dan berbagai aneka minuman.

Penasaran dengan menu utama, saya pun memesan paket menu ayam goreng spesial. Tanpa menunggu terlalu lama, pesanan pun segera hadir. Disajikan di atas piring berwarna berwarna putih, terlihat cantik dan menggoda selera . Terlihat sepotong ayam goreng berwarna coklat kemerahan berbalut tepung tipis yang mengingatkan kita akan sajian ayam kremes, hanya saja tepung kremesnya dipisahkan. Di tengah terdapat setangkup nasi putih yang dikelilingi lalapan dan sambal uleg yang terbuat dari cabe rawit, cabe merah, bawah putih dan merah serta terasi.

Tanpa menunggu lama, ayam goreng pun segera dibedah sebelum masuk ke mulut. Begitu kulit ayam goreng dikelupas, terlihat daging ayam berwarna putih mulus, segar dengan aromanya yang wangi. Asyiknya, begitu potongan daging didorong ke mulut dan dikunyah, terasa sekali kelembutannya, tidak kalah dengan gorengan ayam produk impor.

Yang lebih dahsyat, begitu potongan ayam dicocolkan ke sambal uleg dan dikunyah bersamaan, akan terasa ledakan yang luar biasa dari sambal uleg. Jika diibaratkan sebuah bom, kepedasan sambal uleg ini tidak kalah dengan ledakan bom buatanan para teroris durjana. Tidak heran begitu sambal uleg melewati batang tenggorokan, keringat pun mulai bercucuran dan mulut mulai megap-megap menahan pedas. Nach kalau sudah kepedasan seperti ini, tidak ada penangkal lain yang lebih pas selain teh manis hangat yang bisa diseruput di sela-sela atau seusai makan.

Dengan kombinasi daging ayam yang lezat dan sambal yang pedas, tidak heran jika oleh pemilik rumah makan, Hedi Siagian asal Medan, “ayam lepas” disebut sebagai ayam lezat dan pedas. Saya setuju dengan pendapat sang pemilik. Kalau anda penasaran, tidak ada salahnya untuk mencoba.


2 comments:

Carlos said...

KECEWA BERAT dengan AYAM LEPAS!!!kesan pertama yang saya dapat dari rumah makan ini, susah cari parkir mobil. akhirnya dapat parkir disebelah nasi uduk sebelah apotik, tapi ternyata harus pindah lagi karena khusus untuk pelanggan nasi uduk, lalu saya pindah parkir depan toko roti mayestik yang notabenenya sekitar 50 meter dari ayam lepas!!
kesan kedua, pelayannya tidak ada ramahnya sama sekali, melayani dengan muka datar tidak ada senyum.
kesan ketiga, sudah pesan lama hanya diantar pesanan minuman saja sedangkan pesanan makanannya tidak diantar hingga 30 menit, sedangkan orang lain yang baru datang lebih cepat dapat pesanan makanan...
dari ketiga kesan itu saya memutuskan membayar minuman dan pulang dan tidak akan kembali lagi...sekali lagi sangat mengecewakan...!!!!!!

Anonymous said...

Terima kasih bro infonya, karena gw jarang banget lewat kali malang cuma kebetulan aja .... Kalau di coba cabe lemes ga jauh sama sambal bajak, cuma nama yang bikin penasaran...

Tapi ada lagi yang jauh lebih enak bro .. ayam bakar nanggung, ini ayam ter enak yang gw penah makan. Kalau di pikir belum ada yang kayak gini kaya rasa cuma semua nanggung.

Nanggung cita rasanya, Jawa Sumatera dan cina .. hehehe .. nama nya juga nanggung ...

Tapi yang jelas Mantap banget deh ... mo nambah dah nanggung kenyang ... lokasi di Joglo Raya 100 m dari Mc D, Rumah makan Bebek gombong... www.bebekgombong.com